Posted by : Shefrylouv Sep 9, 2014

Masalah berat badan bukan hanya terjadi pada orang-orang gemuk, namun juga terjadi pada mereka yang kurus. Sebabnya, berat badan mereka tentunya juga jauh dari kata ideal. Adakah cara untuk menaikkan berat badan secara sehat?

Ahli gizi dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi, mengatakan bahwa untuk menaikkan berat badan secara sehat, ada enam faktor yang diperhatikan. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah pola makan, genetik, sistem pencernaan, stres, aktivitas dan waktu istirahat.

Untuk itu, Leona membagikan cara agar dapat menambah berat badan, namun dengan cara yang sehat.



1. Makan 6 Kali Sehari

Untuk menambah berat badan, tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah menambah banyak waktu makan Anda. Namun jangan salah, makan 6 kali sehari bukan seluruhnya harus makan berat atau nasi. Makan tetap 3 kali yakni sarapan, makan siang dan makan malam, namun diselingi 3 kali pula waktu camilan di pagi, siang dan sore hari.

"Usahakan untuk memberi jarak 2-3 jam antar makan untuk memberikan waktu bagi perut untuk mengolah makanan, sehingga pencernaan tidak terganggu," tutur Victoria.


2. Makan Makanan Berenergi

Banyak makan namun tak ada kandungan gizinya sama saja bohong. Victoria mengatakan bahwa jika ingin gemuk, sebaiknya Anda lebih sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak energi seperi susu full cream, daging, ikan, atau telur.

"Bisa juga menggunakan kacang-kacangan seperti kacang tanah, atau buah alpukat. Perbanyak juga menu yang mengandung protein untuk menambah massa otot," sambungnya lagi.


3. Olahraga
Bagian terpenting dari hidup lebih sehat dengan berolahraga. Percuma saja jika berat badan sudah bertambah namun bentuk tubuh tak dijaga. Bisa-bisa Anda malah jadi tak sehat.

"Berolahraga ringan saja. Karena energi yang dikonsumsi agar jangan disimpan sebagai lemak, tetapi juga sebagai otot," urainya.


4. Jangan Begadang
Istirahat atau tidur penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Jika tidak istirahat, maka tubuh akan kehabisan energi sehingga energi dari makanan yang Anda makan hanya akan terserap lagi untuk menjaga tubuh tetap terjaga.


5. Jangan Stres
Sama seperti begadang, stres juga memakan energi yang ada di tubuh Anda. Jika Anda terlalu sering stres, maka tak heran berat badan Anda tak juga naik.

"Namun hati-hati, stres juga bisa memicu yang namanya emotional eating sehingga bisa-bisa Anda kegemukan," tutupnya.

Source : Detik

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SHEFRYLOUV | SHARE WHAT YOU LOVE - Powered by Blogger -